Ekonomi

Jelang Idul Adha, Beras Premium Dipatok Rp56 Ribu per 5 Kg

Ilustrasi beras (Ist)

Lampungnews.com – Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI, Kementerian Perdagangan dan Badan Urusan Logistik (Bulog) DKI menyelenggarakan Operasi Pasar Jelang Idul Adha 2017.

Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Idham Aziz mengatakan operasi itu akan menyasar masyarakat yang membutuhkan bahan pokok dengan harga terjangkau.

“Sasaran dari operasi masyarakat ini kita harapkan khususnya di perumahan padat penduduk, rumah susun (rusun) atau di asrama,” kata Idham di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin (21/8).

Idham belum bisa memastikan rusun mana saja yang akan didatangi operasi. Pemilihan rusun ia serahkan pada Polres wilayah DKI yang lebih memahami lokasi kependudukan.

Operasi ini akan dilakukan pada tanggal 21-27 Agustus 2016. Kurang lebih terdapat 60 personel dari Polda yang diturunkan dan akan ada tambahan personel dari Polres.

Selama operasi berlangsung, kepolisian bertugas menjaga, menyiapkan sarana dan prasarana. Sementara tim dari Bulog akan ikut pada setiap operasi untuk menjual bahan pokok.

Daftar harga bahan pokok Operasi Pasar Jelang Idhul Adha 2017 antara lain, beras premium 5 kg Rp56.000, beras premium plus 15 persen 5 kg Rp48.500, gula pasir 1 kg Rp11.900, minyak goreng 1liter Rp11.500, minyak goreng 2 liter Rp24.500, tepung terigu 1 kg Rp7.500, daging sapi beku 1 kg Rp78.000, daging kerbau beku 1 kg Rp75.000, bawang merah 1 kg Rp24.000 dan bawang putih 1 kg Rp22.500.

Idham menjelaskan Polda juga mengawasi harga bahan pokok jelang Idul Adha. Sampai saat ini belum ditemukan kenaikan harga bahan pokok.

“Kami pantau 24 jam, kami punya satgas khusus pangan di bawah Dirkrimsus,” kata Idham.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah DKI Saefullah menyampaikan hal serupa. Secara umum harga kebutuhan pokok di Jakarta tidak ada yang bergejolak namun diperlukan antisipai dengan operasi pasar untuk menekan harga.

“Kami yang kelola pasar seluruh DKI termasuk Cipinang, untuk kegiatan ini kami siap koordinasi,” kata Saefullah.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top