Bandar Lampung

Prof Karomani: Ulama Menjaga Negeri

Bandarlampung, Lampungnews.com – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lampung (Unila) Prof. Karomani mengatakan penjaga negeri ini sebenarnya ialah ulama. Jika tidak ada ulama maka bisa dipastikan negara bisa hancur.

“Yang menjaga negeri sebenernya para ulama, jika tidak ada ulama pasti sudah hancur, negeri ini warisan ulama,” kata Karomani dalam bedah buku Khilafah ala Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di auditorium perpustakaan Universitas Lampung (Unila), Senin (28/8).

Jika ada orang atau kelompok yang mempertanyakan dasar negara, maka kata Karomani sudah sangat telat. Pada zaman dahulu ketika para pendiri bangsa merumuskan ideoligi, tidak ada yang ikut serta.

“Jika ada orang mempertanyakan dasar negara, sangat telat, ada dimana dahulu ketika ideoligi negara di buat, sibuk mendirikan ideologi bangsa,” tanya Karomani.

Beberapa waktu lalu, bahkan sampai saat ini, kata Karomani ada yang ingin mengganti Pancasila dengan ideologi Khilafah. Khilafah yang diadopsi berdasarkan negara Timur Tengah. Padahal negara di Timur Tengah banyak yang mengalami konflik.

Realita yang tak terlihat ialah banyak negara yang belajar dari Indonesia. Indonesia dengan keanekaragaman bisa berdamai dan hidup rukun dengan baik.

“Banyak pulau, etnik, bahasa, dan bisa bersatu jika dibandingkan dengan timur tengah semua seragam, bahasa satu, pulau juga tidak banyak, tapi susah bersatu,” tambah dia. (Davit)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: