Bandar Lampung

Bandarlampung Targetkan Juara Lomba P3KKS Provinsi Lampung

Foto bersama Jajaran Forkopimda Balam beserta tim penilai provinsi lampung dan Ketua TP PKK Kota Balam. (Ist)

Bandarlampung, Lampungnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung menargetkan menjadi juara dalam lomba Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P3KKS) tingkat Provinsi Lampung.

Asisten Pemkesra Kota Bandarlampung, Sukarma Wijaya, mengatakan lomba ini diikuti 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung. Ia berharap Kelurahan Rajabasa Raya, Kecamatan Rajabasa, Bandarlampung dapat menjadi juara dan mewakili Provinsi Lampung pada lomba tingkat nasional. “Kalau target pastinya menjadi juara dan mewakili Provinsi Lampung,” kata Sukarma ditemui seusai penilaian lomba (P3KKS) di Rajabasa, Bandarlampung, Jumat (8/9).

Dalam acara tersebut juga ada beberapa kategori lomba yang dinilai, seperti gerakan sayang ibu (GSI) yang  merupakan gerakan yang dilaksanakan oleh masyarakat dan pemerintah. Untuk peningkatan dan perbaikan kualitas hidup perempuan sebagai SDM, mempercepat penurunan angka kematian bagi ibu hamil dan melahirkan. Untuk itu, kegiatan ini diprioritaskan bagi calon pengantin, dan pasangan usia subur (PUS).

Mantan Kepala Bappeda ini mengatakan peranan penting wanita dalam keluarga dan masyarakat akan sangat menentukan sehat dan sejahteranya suatu keluarga. Oleh karena itu pada lomba P3KKS ini diharapkan kaum perempuan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam segi kesehatan dan pendidikan.

“Kalau target dalam artian lain, keseluruhan masyarakat ini betul bisa menciptakan keluarga bahagia dan sejahtera. Pemkot terus berupaya melakukan pembinaan pemberdayaan perempuan rumah tangga. Sehingga tercipta rumah tangga yang baik. Itu juga jadi target kita,” pungkasnya.

Sementara itu Asisten Pemkesra Pemprov Lampung, Hery Suliyanto berharap kabupaten/kota yang terpilih mewakili Provinsi Lampung merupakan peserta terbaik. “Dari 15 kabupaten kota ini kita evaluasi siapa yang akan mewakili ditingkat nasional. Ada beberapa stand kota Bandarlampung ini yang saya lihat sudah sangat bagus dari kreatifitas perempuannya,” jelasnya.

Terpisah, Ketua PKK Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana Herman HN mengatakan persiapan yang dilakukan Kelurahan Rajabasa Raya sudah maksimal mulai dari camat, lurah, kepala lingkungan, babinsa, babinkamtibmas dan masyarakat.

“Saya berharap hasil yang terbaik, kalah menang sudah biasa. Yang jelas kerja perempuan di Kota Bandarlampung kepada masyarakat terutama keluarga sudah terbukti. Dengan kita lombakan mudah mudahan bisa mewakili provinsi untuk tingkat nasional,” kata Eva.

Anggota DPRD Provinsi Lampung ini juga tersanjung dengan antusiasnya masyarakat ikut perlombaan. “Kami sebagai organisasi pembinaan sangat berterima kasih dengan antusiasme masyarakat. Semoga perwakilan nanti ditingkat nasional dapat membawa nama baik Provinsi Lampung,” pungkasnya. (El Shinta)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top