Politik

Survei : Kurang Puas dengan Kinerja Ridho, Masyarakat Lampung Inginkan Gubernur Baru

Gubernur Lampung Ridho Ficardo menyeduh kopi dengan teknik brewing pada International Coffee Days di Novotel, Jumat (29/9). (Lampungnews/El Shinta)

Bandarlampung, Lampungnews.com – Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap kinerja Gubernur Lampung (petahana) M. Ridho Ficardo hanya 36,25 persen secara kuantitatif angka ini relatif rendah karena berada pada level dibawah 50 persen.

Berdasarkan Lembaga Survei Rakata Institute dari tanggal 30 November hingga 4 Desember 2017. Survei ini menggunakan metode penarikan sampel secara acak berstrata melibatkan 400 responden dari populasi calon pemilih yang terdaftar pada Data Pemilih Tetap (DPT) KPU Lampung.

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan toleransi kesalahan (margin of error) 5 persen.

“Artinya kecenderungan tingkat kepuasan publik Lampung terhadap Gubernur Lampung (petahana) dari bulan Mei hingga Desember 2017 konstan pada level kurang dari persen, dan secara elektoral angka ini tidak aman karena kurang dari 50 persen publik yang merasa puas dengan kinerja Gubernur Lampung,” kata Direktur Eksekutif Rakata Institute, Eko Kuswanto di d’Music Cafe, Senin (11/12).

Dibawah kepemimpinan petahana, jelasnya, Pemprov Lampung belum/tidak berhasil menangani sejumlah permasalahan utama yaitu ketersediaan lapangan kerja (64 %), listrik (57 %), dan kriminalitas serta keamanan (52%).

“Sedangkan keberhasilan yang dinilai Publik terlihat pada sektor pendidikan yang terjangkau (69,50%) dan pelayanan kesehatan terjangkau (67,75%),” jelasnya.

Hal ini sebanding dengan keinginan publik yang menginginkan Gubernur baru sebanyak 70,25 persen, tidak menginginkan gubernur baru 12,00 persen dan 17,75 persen tidak tahu/tidak jawab.

“Dan secara elektoral angka ini tidak aman karena lebih dari separuh pemilik menghendaki Gubernur baru,” tandasnya.(Davit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top