Daerah

Museum Tulang Bawang Tak Terurus

(Lampungnews.com/Can)

Tulang Bawang, Lampungnews.com – Keragaman sektor pariwisata di Kabupaten Tulang bawang termasuk melimpah. Tetapi, minimnya perhatian pemerintah setempat membuat potensi wisata ini seperti tak terurus.

Satu diantaranya yakni bangunan cagar budaya Sesat Agung yang terletak di Jalan Lintas Timur Sumatera, Kecamatan Menggala. Bangunan ini terlihat seperti tidak ada perhatian dalam eksplorasi dalam bidang pariwisata, padahal di Sesat Agung tersebut banyak hal hal yang dapat di eksplorasi demi kemajuan kabupaten Tulangbawang dari berbagai sektor.

Bahkan masyarakat setempat juga banyak yang tidak mengetahui bangunan itu. Padahal, tempat itu menyimpan banyak ilmu dan warisan sejarah yang dapat dipelajari.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Darmawi mengatakan, banyak hal yang dapat dipelajari dari bangunan-bangunan yang ada saat ini khususnya bangunan yang ada di Sesat Agung tersebut.

Sebab ditempat ini, sangat mempunyai banyak nilai-nilai budaya dan seni yang patut untuk dikembangkan jauh lebih baik lagi kedepan, tetapi sayangnya bangunan yang berdiri saat ini masih belum berkembang dalam hal perawatan.

“Pada Sesat Agung ada bangunan berupa museum yang bernama Museum Tulang bawang, selama ini telah berdiri kokoh, namun sayangnya kurang perawatan serta eksplorasi kepada masyarakat selama ini, sehingga membuat bangunan tampak tak terawat dan juga pastinya banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa kita kabupaten Tulang Bawang mempunyai museum,” katanya, Selasa (9/1).

Darmawi menambahkan, ia berharap kepada pemerintah setempat agar dapat lebih mengembangkan sektor pariwisata yang ada, salah satunya rumah adat Sesat Agung dan museum Tulang Bawang yang merupakan fasilitas umum serta warisan budaya yang selama ini terbengkalai.

“Ke depan diharapkan dapat diperkenalkan kepada masyarakat luas,  hal ini tentunya jika dikembangkan dapat berdampak baik dalam bidang pariwisata budaya di kabupaten Tulang bawang kedepan,” katanya. (Can)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top