Internasional

Pesawat Militer Jatuh, Ratusan Penumpang Diyakini Tewas

Ilustrasi pesawat jatuh (dailymail)

Bandarlampung, Lampungnewa.com —Sebuah pesawat militer Aljazair jatuh di luar ibukota Algiers. Lebih dari 100 orang diyakini tewas dalam kecelakaan ini.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (11/4/2018), pesawat militer itu dilaporkan jatuh di dekat Bandara Boufarik yang ada di sebelah barat daya Algiers. Penyebab jatuhnya pesawat militer ini belum diketahui pasti.

Tayangan televisi setempat menunjukkan kerumunan orang berkumpul di sekitar bangkai pesawat yang diselimuti kobaran api dan asap pekat.

Deretan kantong jenazah warna putih terlihat diletakkan di tanah lapang di dekat bangkai pesawat.

Pesawat militer yang jatuh disebut sebagai jenis Ilyushin Rusia dan biasa digunakan untuk transpor.

Sejumlah televisi lokal Aljazair, termasuk Dzair, melaporkan 105 orang tewas dalam kecelakaan ini, dengan mengutip sejumlah petugas penyelamat di lokasi. Sedangkan televisi swasta Aljazair, Ennahar, yang mengutip tokoh dinas sipil setempat melaporkan 181 orang tewas dalam kecelakaan ini.

Angka-angka itu belum dikonfirmasi oleh pemerintah Aljazair. Tidak diketahui pasti jumlah penumpang di dalam pesawat itu.

Kementerian Pertahanan Aljazair menyebut pesawat sedang mengudara ke wilayah Tindouf saat tiba-tiba jatuh ke tanah lapang yang masih masuk area bandara. Pihak kementerian merilis ucapan belasungkawa untuk keluarga korban, namun tidak menyebut jumlah korban tewas.

Insiden serupa yang melibatkan pesawat militer juga pernah terjadi pada Februari 2014. Saat itu, sebuah pesawat Lockheed C-130 Hercules milik Angkatan Udara Aljazair jatuh di area pegunungan, hingga menewaskan 77 orang dan hanya menyisakan satu korban selamat.

 

 

Sumber :detik.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top