Nasional

Penumpang di Bakauheni Meningkat, Menhub Antisipasi Lonjakan

Pemudik pejalan kaki mengantre untuk menukarkan tiket di loket Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. (Lampungnews/Kristian Ali)

Bandarlampung, Lampungnews.com —Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan langkah mengantisipasi lonjakan arus balik pemudik dari Sumatera ke Jawa lewat Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono mengatakan, peningkatan arus balik penumpang dan pejalan kaki sudah terlihat di Pelabuhan Bakauheni.

“Saya melihat Pelabuhan Merak, dan di sana memang relatif lengang, karena di arus balik ini tentunya mereka menyiapkan diri untuk menerima penumpang dan kendaraan dari Bakauheni yang pada hari ini diperkirakan akan terjadi lonjakan. Kita lihat memang ada lonjakan dan alhamdulillah teman-teman di Pelabuhan Bakauheni itu bisa mengawasi,” kata Djoko dalam keterangan tertulis, Selasa (19/6/2018).

Menurut Djoko, lonjakan arus balik terjadi karena cuti bersama yang ditetapkan pemerintah berakhir pada Rabu (20/6). Djoko berharap tidak terjadi penumpukan di pelabuhan,

“Semoga lonjakan ini tidak ekstrem karena memang sesuai dengan prediksi berdasarkan data yang kita miliki dengan melihat bahwa tanggal 21 Juni bagi PNS dan beberapa perusahaan swasta itu sudah masuk kerja,” ujarnya.

“Maka perlu disiapkan langkah-langkah agar pengguna jasa bisa tetap merasa terlayani dengan baik. Memang tentang kenyamanan dalam masa puncak ini tentu ada penurunan. Tapi kecepatan maupun juga integrasi dengan moda lain diharapkan tetap tinggi,” paparnya.(*)

 

 

Sumber : Detik.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top