Bandar Lampung

Lampung Sai Fasilitasi Prof Margareth Rampungkan Penelitian Tentang Gamolan

Bandarlampung, Lampungnews.com — Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lampung Sai memfasilitasi kunjungan Prof Margareth J Kartomi untuk melakukan penelitian lanjutan terkait Gamolan yang merupakan alat musik tradisional Lampung.

Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus Pengurus Bidang Seni dan Budaya DPD Lampung Sai Jakarta, M Kemal Sjachdinata, menjelaskan kedatangan Prof Margareth merupakan tindak lanjut terkait kunjungan sebelumnya yang berlangsung pada tahun 2011 lalu.

“Kunjungan Profesor kemari untuk menyelesaikan buku yang beliau susun tentang ‘Keindahan Seni Pertunjukan Lampung’ ” jelas Kemal, Kamis (5/7).

Hubungannya dengan Lampung Sai, kata dia, diharapkan pengurus Lampung Sai dapat tergabung dalam tim untuk memfasilitasi dan membantu merealisasikan tujuan dari Profesor Margareth itu.

Ia juga berharap pihak-pihak terkait lainnya termasuk Pemprov Lampung dapat membantu dalam bentuk dana sebagian atau seluruhnya untuk kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala Sekertariat DPP Lampung Sai, Rheda Rakasyah, mengatakan bahwa pihak Lampung Sai akan melakukan penyambutan kedatangan Prof Margareth di Bandara Radin Inten II Lampung Selatan.

Kemudian, pihaknya akan memfasilitasi pertemuan sejumlah pihak seperti Pemprov Lampung melalui dinas terkait termasuk sejumlah kegiatan lain.

Prof Margareth akan berada di Lampung dari Sabtu (8/7) sampai Minggu (14/7) dengan berbagai kegiatan seperti silaturahmi dengan pengurus MPAL, Lampung Sai dan tokoh masyarakat Lampung.

Selanjutnya Focus Grup Discussion dengan Tim Gamolan dan MPAL, lalu pertemuan dengan beberapa kepala dinas terkait, serta wawancara dengan pihak Museum Lampung.

“Senin siang akan diterima audiensi dengan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung dan jajaran,” kata Reda.

Esoknya, akan menghadiri seni pertunjukan Gamolan Lampung di SMA 1 Gading Rejo serta wawancara dengan keluarga Pahlawan Raden Intan II. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top