Daerah

Nanang Panen Raya Padi Hibrida dan Salurkan Bantuan Alsintan

Bandarlampung, Lampungnews.com —Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto melakukan panen raya padi hibrida, di Desa Sidoharjo, Kecamatan Way Panji, Rabu (19/9/2018).

Panen itu dihadiri juga oleh Dandim 0421 Lamsel, Letkol. Arm. Untoro Hariyanto, Anggota DPRD Lamsel Komisi B, serta sejumlah pejabat utama dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamsel.

Pantauan di lapangan, Plt. Bupati Lamsel, Dandim, dan anggota DPRD Lamsel, melakukan panen padi menggunakan combine harvester (mesin pemanen padi).

“Semoga para petani ini bisa lebih meningkatkan hasil panennya. Apalagi saat ini sudah lebih cepat dan menggunakan alat yang canggih, daripada cara biasa dengan menggunakan pisau arit,” kata Nanang kepada petani.

Dalam kesempatan itu, Nanang juga meminta kepada petani dan pihak terkait untuk memaksimalkan embung buatan untuk mengairi sawah. “Embung-embung yang ada lebih diperbanyak, agar sawah dapat pengairan yang cukup,” imbuhnya.

Setelah melakukan panen raya, Nanang melanjutkan bersilaturahmi dengan masyarakat dan keompok tani di Lapangan Sepak Bola Desa Sidoharjo.

Dikesempatan itu, Nanang menyerahkan bantuan berbagai peralatan mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani.

Rinciannya, mesin pemanen padi (traktor roda 4) sebanyak 11 unit, traktor roda 2 sebanyak 160 unit, rice transplanter 3 unit, pompa air 207 unti, cultivator 10 unit, hand sprayer 156 unit, dan alat tanam jagung 40 unti.

Nanang berharap, dengan adanya bantuan itu, para petani dapat termotivasi untuk lebih meningkatkan produksi pertaniannya, khususnya tanaman pangan, guna mendukung tercapainya swasembada pangan.

“Ini (alsintan, red) tolong dirawat dengan baik, dipergunakan secara bersama-sama dengan kelompok taninya, biar panennya bisa meningkat,” kata Nanang. (/az/hrm

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top