Lampung Jajaki Kerjasama Perdagangan Kopi Robusta dengan Kroasia

0
700
Duta Besar RI untuk Kroasia-Zagreb, Sjachroedin ZP (kiri) dan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo (kanan) di Ruang Rapat Utama Gubernur Lampung, di Bandarlampung. (Humas Pemprov Lampung)

Bandarlampung, Lampungnews.com — Gubernur Provinsi Lampung Muhammad Ridho Ficardo  terus memperkenalkan kopi robusta Lampung ke Eropa Timur, khususnya Kroasia.

Terobosan ini dilakukan mengingat masyarakat Kroasia merupakan pengonsumsi kopi.

“Kopi robusta memiliki kesempatan dan peluang besar beredar di Eropa Timur, khususnya Kroasia. Kopi merupakan konsumsi masyarakat Kroasia setiap hari,” ujar Duta Besar RI untuk Kroasia Sjachroedin ZP pada penjajakan peluang peningkatan perdagangan komoditas ekspor Provinsi Lampung ke Kroasia dan negara Eropa Timur,  di Ruang Rapat Utama Gubernur Lampung, di Bandarlampung, Jumat (7/12/2018).

Sjachroedin ZP menjelaskan lebih lanjut, sebagai perwakilan Indonesia untuk Kroasia, dia akan berjuang untuk Lampung. Termasuk menjajakkan kopi robusta Lampung di Kroasia melalui festival dan pameran.

“Kopi memiliki peluang besar masuk Kroasia. Tidak hanya kopi, kita juga akan menjajakkan produk Lampung lainnya, seperti keripik pisang, sawit, karet, dan produk lainnya. Selain itu, kami juga akan menawarkan berbagai bidang lain, seperti pariwisata, dan pertanian,” jelas Sjachroedin.

Mantan gubernur Lampung dua periode itu mengharapkan agar satker terkait dan para pelaku usaha dapat langsung mengikuti pameran dan festival. Sehingga, dapat bertemu langsung dengan para pelaku usaha di Kroasia.

Pada kesempatan itu, Gubernur Ridho menerangkan Provinsi Lampung memiliki banyak potensi produk yang mampu diekspor ke Eropa, khususnya Kroasia. Misalnya, kopi, sawit, nenas, karet, dan produk unggulan lainnya.

“Berbagai upaya dalam peningkatan pembangunan di Provinsi Lampung dan banyaknya peluang potensi ekspor produk Lampung akan terus didukung, termasuk ekspor produk dari Lampung ke Eropa, khususnya Kroasia. Hal itu sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan Lampung,” ujar Ridho.

Menurut Bagian Perekonomian KBRI Kroasia, Elbanita Ruru, produk Lampung memiliki potensi besar untuk dapat masuk ke Kroasia, khususnya kopi.

“Masyarakat Kroasia merupakan pecinta kopi, karena setiap hari mereka mengonsumsi kopi. Robusta Lampung memiliki peluang besar untuk masuk ke Kroasia,” jelas Elbanita.

Tidak hanya Kopi, Elbanita menjelaskan bahwa KBRI Kroasia akan menjajakkan berbagai produk Lampung melalui pameran dan festival.

“Untuk itu para pelaku usaha dan satker terkait diharapkan dapat langsung ke Kroasia dalam mengikuti kegiatan festival, seperti pameran Place2Go dan pameran kopi Zagreb. Melalui kegiatan tersebut, nanti akan diadakan bisnis forum dengan mengundang pengusaha dari Kroasia, dengan harapan adanya kerja sama perdagangan Lampung-Kroasia,” kata dia.  (Humas Pemprov Lampung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here