Lampung Timur Kembangkan Objek Wisata Budaya Lokal

0
64

 

 

 

 

 

Labuhan Maringgai, Lampungnews.com – Pesisir pantai Lampung Timur Desa Sriminosari Kecamatan Labuhan Maringgai terhampar ratusan hektar bibir pantai dengan hutan Mangrovenya.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Timur dan inisiatif para pemuda Desa Sriminosari, pertengan tahun 2018 mereka berperan memberdayakan lahan Desa yang berbatasan dengan kawasan hutan Mangrove, dan menjadikan sebuah tempat wisata Desa yaitu Wisata Pandan Alas.

Secara bergotong royong pemuda Karang Taruna, Pokdarwis, dan elemen Desa akhirnya terwujudlah sebuah tempat wisata tersebut, dengan tetap mengedepankan kelestarian hutan Mangrovenya.

Ketua pengelola wisata Supriadi kepada peliput mengatakan, tempat wisata Desa yang mereka kelola sudah hampir satu tahun berdiri, dan di kelola secara bersama dalam wadah BUMDES Tridaya Minosari Prima yang ada di Desa Sriminosari. Secara bertahap terus melakukan pengembangan dan inovasi agar bisa bersaing menjadi salah satu pilihan objek wisata Desa yang ada di kabupaten Lampung Timur ini.

“Walau belum mampu memberikan income yang stabil, tapi setidaknya sudah memberikan perubahan yang sangat berarti bagi warga sekitar khususnya para pengelola sendiri” ungkap Supriadi.

Salah satu pedagang yang berjualan di kawasan tempat wisata itu juga mengakui bahwa adanya tempat wisata yang ada di Desanya tersebut bisa memberikan lapangan pekerjaan dan tambahan penghasilan.

“Akhir akhir ini kami bisa mendapatkan hampir 4 juta dalam sebulan, tetapi hari ini saja dengan adanya festival dan apalagi ibu Nunik hadir disini sampai jam 2 siang ini sudah 2 juta yang bisa saya raup” kata Bu Sri yang hanya berjualan aneka minuman, dan makanan siap saji ini.

Sesuai apa yang selalu di harapkan Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, dengan adanya festival Desa kiranya mampu memberikan peluang kepada penggerak ekonomi warga agar bisa meraup penghasilan atau secara ekonomi bisa menambah pendapatan.

Dan pada acara itu Chusnunia juga berkesempatan mengunjungi dan mencicipi aneka jualan warga yang ada di festival tersebut.

Festival Mangrove Pandan Alas Desa Sriminosari kecamatan Labuhan Maringgai, hari itu di hadiri Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, Segenap OPD pemkab, jajaran Badan DLHPP, jajaran forkopimcam, dan ratusan pengunjung tempat wisata. (Kominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here