Bandar Lampung

Angin Kencang Robohkan Pohon, Tujuh Kios Hancur

Petugas BPBD menebang pohon tumbang yang menimpa kios di Pasar Buah, Sumur Putri, Telukbetung Selatan, Jumat (1/12). (Lampungnews.com/El Shinta)

Bandarlampung, Lampungnews.com – Sebanyak tujuh kios di Pasar Buah, Sumur Putri, Telukbetung Selatan, rusak tertimpa pohon kedondong hutan, Jumat (1/12) dini hari. Meski tak menimbulkan korban jiwa, pedagang dan warga sekitar was-was dengan kondisi angin kencang yang terus terjadi.

Yadi, warga sekitar mengatakan sejak pukul 03.00 WIB dini hari, angin berhembus sangat kencang dan menimbulkan suara gemuruh yang kuat.

“Nggak lama pohonnya tumbang menimpa kios yang ada di bawahnya. Tadi Pak RT-nya sudah laporan ke BPBD, terus baru datang jam 10 untuk minta dievakuasi pohonnya,” katanya di lokasi.

Dirinya berharap, tak hanya BPBD yang turun tangan membantu, namun PLN juga harus datang. Sebab, akibat pohon yang roboh kabel listrik juga ikut turun dan melintang di jalan lingkungan.

“Bukannya apa-apa, ngeri loh kabel sampai turun begini apalagi banyak mobil yang lewat sini, kalau nyangkut gimana, kan nggak mungkin begini terus,” jelasnya.

Sementara, Saifudin (48) salah satu pemilik kios yang rusak mengatakan, dirinya terkejut saat melihat kondisi kios dagangan miliknya sudah rusak tertimpa pohon.

“Jam lima pagi tadi saya ke sini sudah rusak begini kondisinya. Tadinya niat membangun kios, tapi sudah rusak begini, jadi libur dulu berdagang,” ungkapnya.

Sementara, Kabid Kesiapsiagaan BPBD Kota Bandarlampung, Rizki, mengatakan sejak semalam ada dua titik pohon yang masuk ke timnya.

“Yang pertama di Jalan Ki Agus Anang, Ketapang Kuala, Panjang ini pohon kedondong hutan dengan besar diameter 100 sentimeter, Kejadian ini menimpa bagian pagar pasar. Sementara titik kedua di  Jalan Wolter Mongonsidi, Pasar Buah, menimpa kios. Semua kejadiannya dini hari tadi karena angin memang sedang kencang,” jelasnya.

Dirinya meminta warga tetap berhati-hati dan waspada menghadapi cuaca ekstrem yang sedang terjadi.

“Jangan berdiri atau berteduh dibawah pohon besar. Tadi saja sekitar jam 11.20 WIB kami baru menerima laporan masuk, ada pohon tumbang lagi di Jalan Raden Fatah. Kami masih cek ke lokasi,”tandasnya. (El Shinta)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top