Bandar Lampung

Waspada Bencana, Hujan Deras Akan Mengguyur  Lampung Beberapa Hari ke Depan

Ilustrasi 

Bandarlampung, Lampungnews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memperkirakan hingga dua hari ke depan, Lampung akan berawan dan hujan.

“Jadi sekarang ini adanya dinamika atmosfer, dimana daerah bertekanan rendah di sebelah barat Lampung itu kumpulan awan disertai belokan angin membuat masa udara yang berpotensi hujan berkumpul di daratan Lampung,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Harianto, Rudi, Rabu (13/12).

Dirinya menuturkan, kemungkinan satu sampai dua hari kedepan, langit akan berawan dan siang hingga malam dimungkinkan terjadi hujan.

“Terjadinya hujan hujan ini rata di seluruh wilayah Lampung, dengan itensitas hujan sedang hingga lebat, tetapi ada juga daerah yang akan disertai angin kencang, seperti Lampung Timur, Mesuji, Way Kanan,” sebutnya.

Sementara itu meski dibeberapa daerah akan disertai angin kencang, Rudi mengungkapkan bahwa kecepatan angin tidak tergolong membahayakan.

“Sebenarnya angin yang ada dibeberapa wilayah di provinsi Lampung masih dikatakan tidak berbahaya, anginnya masih kisaran antara 9 sampai 29 km perjam atau 5 knot sampai 15 knot,” tuturnya.

Rudi menambahkan, pihaknya mengimbau pada masyarakat, mengingat puncak musim penghujan bulan Desember dan Januari diharapkan masyarakat tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan.

“Seperti bencana hidrometrologi yakni banjir, banjir bandang, genangan, tanah longsor dan jalan licin, apalagi kondisi air tanah, saat ini serapannya mulai berkurang karena intensitas hujan yang mengguyur, jadi ketika terjadi hujan dengan durasi setengah jam dimungkinkan sudah terjadi genangan atau banjir,” tandasnya. (El Shinta)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top