Daerah

Festival Budaya Muwaghei, Satukan Keberagaman Adat Lampung Timur

(Kominfo Lamtim)

Sukadana, Lampungnews.com – Dalam upaya meningkatkan kebersamaan masyarakat adat, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menggelar festival budaya Muwaghei yang dihadiri oleh unsur OPD, ormas, LSM, Organisasi kepemudaan serta Tokoh masyarakat dari berbagai suku di halaman gedung pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (03/11/2018).

Hadir pada kesempatan itu Masyarakat Adat Lampung Dengan masyarakat Adat Jawa, Batak, Padang, Banten, Bugis, Sunda, Bali Dan Palembang.
Dari kalangan Pejabat Pemerintah Kabupaten Lampung Timur hadir Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, pejabat setempat serta tokoh adat berbagai suku di Lampung Timur.

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menyampaikan rasa bahagianya dengan digelarnya festival Muwaghei tersebut untuk menyatukan masyarakat.

“Saya merasa sangat bahagia, berbahagia karena di hari yang baik ini kita akan mengelar sebuah kearifan lokal masyarakat Lampung baik Sai Batin maupun Pepadun dengan kesadarannya sendiri dan difasilitasi oleh pemerintah,” kata dia.

Selanjutnya, Muwaghei ini diharapkan dapat terus meneguhkan kebersamaan berbagai masyarakat adat dalam sebuah bingkai persatuan Bhineka Tunggal Ika.

Menurutnya, hal ini tentu relevan dengan kondisi kekinian Indonesia di berbagai daerah, terlebih dalam tahun politik yang akan kita hadapi tahun 2019.

“Hal yang hari ini sangat membanggakan saya adalah masyarakat adat Lampung Timur telah menyiapkan pondasi untuk membentengi pertahanan keragaman kita semua sebelum isu-isu suku, ras, agama menghampiri Lampung Timur dengan kata lain payung sudah kita siapkan meski penanda hujan masih sangat jauh, dan tak ada salahnya kita semua selalu waspada sambil saling mengeratkan tali silaturahmi kita”. papar Chusnunia.

 

 

(Kominfo Lamtim)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top